Senin, 15 Oktober 2012

SAMSUNG SERIES




          Langkah perusahaan elektronik Samsung memang saat mengejutkan. Setelah sukses dengan sabak-e Galaxy Tab dan smartphone Galaxy S III, Samsung melakukan debut untuk ultrabook. Pada pertengahan bulan ini saja produsen asal “Negri Gingseng” itu memperkenalkan Samsung series 9, laptop tipis 12,9 mm dengan berat hanya 1,16 kg. ini adalah notebook kelas premium kedua setelah sebelumnya, tiga bulan lalu, Samsung melepaskan series 5 dipasaran Indonesia.

            Sekalipun dengan kerangka ultrabook 13 inci, pada series 9 bisa dipasangkan layar 14 inci dan memiliki kapasitas lebih kompak hamper 28  persen dibandingkan notebook 13 inci lainya. Ultrabook baru ini menggunakan prosesor generasi ketiga intel core i5 dengan dilengkapi memory internal 4 GB dan SSD 128 GB untuk mendukung kinerjanya.

            Kemampuan series 9 bagaimanapun tidak jauh berbeda dengan pendahuluan series 5, di mana kompas sempat mencoba model 13 inci belum lama ini. Series 5 juga menggunakan prosesor intel core i5 dengan memory  8 GB. Meskipun demikian, series 5 lebih tebal untuk model 13 inci dengan ketebalan 17,6 mm dan juga lebih berat 1,38 kg. namun, sejauh ini series 5 memiliki performa yang mengagumkan.

            “Dengan VGA yang sudah menggunakan Nvi- dia bisa menjalankan berbagai game yang lumayan bagus  dan saya juga sudah mencoba menggunakan untuk menonton video full HD sudah cukup mulus”,  praktisi computer pribadi yang juga pemilik  Quad computer dikawasan mangga dua,Jakarta.seusai mencoba series 5. “saya juga tidak mengira kalau untuk model 14 inci yang tipis  itu sudah memiliki optical drive “, tambahnya.

            Salah satu hal yang membuat notebook ini semakin tipis antara lain dengan meghilangkan komponen yan bekerja secara mekanis, termasuk optical drive. Tidak mengherankan jika series 5 model 14 ini menjadi lebih tebal, yakni 20,4 mm.

            Sementara ini penggunaan pemutar disk memang belum bisa dihapuskan karena masih banyak informasi yang terekam dalam media disk. Untuk mengatasi tidak adanya disk drive ini sebenarnya bisa juga ditambahkan optical drive  eksternal yang dihubungkan melalui konektor USB dengan sangat mudah: plug and play.

            Dibelakang series 9 ukuran 13 inci sebenarnya Samsung masih memiliki series 9 model 15 inci yang belum diluncurkan di negeri ini, termasuk series 5 ultra touch dan series 5 ultra convertible. Sementara dari kubu lain juga akan memberikan persaingan yang semakin ramai, sebut saja Sony Vaio T-13, Toshiba Satellite U834W, Lenovo ideaPad, Lenovo ThinkPad, Fujitsu Lifebook Premium, Asus Zenbook Prime, Acer Aspire S5, Dell XPS, Dan HP Folio yang sudah tentu akan berebut di pasar notebook.

            Tidak mengherankan apabila dalam beberapa waktu ke depan ultrabook menjadi tren bagi mereka yang harus bekerja secara bergerak. Laptop-laptop gendut akan lebih banyak tinggal di ruangan, kira-kira serupa merebaknya televise LCD yang semakin pasti menyingkirkan jenis televise tabung yang gendut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar