dalam
perkuliahan semester ini saya mendapatkan mata kuliah Grafik Komputer &
Pengolahan Citra. mata kuliah ini mengajarkan hal-hal yang bersangkutan grafis
pada komputer,dan ini adalah salah satu tugas pada mata kuliah Grafik
Komputer & Pengolahan Citra. membuat
Program sederhana dengan menggunakan OpenGL, disini saya mencoba untuk membuat
program OpenGL dengan compiler Dev C++.
Pertama yang harus yang dilakukan adalah mempunyai perlengkapan yang digunakan :
1. Dev C++ (pastikan komputer anda sudah
menginstal aplikasi ini)
2.
Header glut (header yang digunakan OpenGL)
OpenGL
OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang
digunakan untuk keperluan –keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat
opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa
pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows,
Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan
fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3
files yaitu :
1. Glut.h
2. Glut32.lib
3.
Glut32.dll
Cara
menginstall (Dev C++ , OpenGL)
menginstal
header OpenGL berikut adalah langkahnya :
1. Masuk kedalam
DevC++
2. Klik Menu tools
> pilih Package manager seperti gambar dibawah ini:
3. klik install
seperti gambar dibawah:
4. ganti Files of Type
menjadi (generic packages)ada file berekstensi (.rar atau .zip) terbaca
5. klik open lalu
ikuti langkah-langkah nya sampai selesai menginstal.
Lalu setelah selesai menginstal DevC++ dan header OpenGL,selanjutnya
kita mencoba untuk langsung membuat tugas program sederhana,cara membuat file
baru adalah:
1. klik menu File
> pilih New > Project
2 .pada bagian ini
pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL, beri nama Project.
Setelah membuat project selanjutnya membuat program
sederhana meliputi program membuat garis vertikal,horizontal,dan diagonal.
MEMBUAT GARIS VERTIKAL
Untuk membuat garis vertikal,lihat pada project.selesai
membuat project pasti yang muncul bukan lembar kerja kosong pada umumnya.tetapi lembar kerja yang sudah
terisi source code untuk OpenGL. Yang harus dilakukan adalah mencari bagian bertuliskan
/*OpenGL animation code goes here*/. Untuk
mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL cukup mengubah-ubah pada
bagian ini saja.
Koding Garis Vertikal
Untuk menuliskan garis vertikal,tuliskan koding seperti
gambar diatas.
Atau apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source
code beserta fungsi kegunaan nya dibawah ini:
/*untuk membuat garis vertikal*/
glClearColor(0.0f,0.0f,0.0f,0.0f); [berfungsi memilih warna
yang digunakan,membersihkan latar dalam
mode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [berfungsi membersihkan layar
latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [berfungsi baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [berfungsi menentukan warna garis
/titik)
glColor3f(1,1,1); [berfungsi menentukan warna garis/titik)
glBegin(GL_LINES); [berfungsi menggambarkan garis dari titik
yang digunakan]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [berfungsi menentukan titik
awal yang digunakan]
glVertex3f(0,0,0.0); [berfungsi menentukan titik akhir yang
digunakan]
glEnd(); [berfungsi mengakhiri gambar garis dititik akhir]
glPopMatrix(); [berfungsi membuat garis kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers(Hdc); [berfungsi menukar bagian belakang buffer
menjadi buffer layar]
Sleep(1);
OUTPUT
Output diatas adalah hasil gambar dari koding program
membuat garis vertikal,untuk mengcompile program tersebut dengan menekan tombol
F9,jika program benar maka akan muncul gambar seperti diatas.
MEMBUAT GARIS
HORIZONTAL
Koding Garis Horizontal
Membuat garis horizontal,pertama membuat koding pada lembar
kerja OpenGL,tetapi sebelumnya lembar kerja tersebut sudah diisi dengan source
code untuk lembar kerja OpenGL,menuliskan koding pada bagian /*OpenGL animation
code here*/
Apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code
beserta fungsi kegunaan nya dibawah ini:
glClearColor(0.0f,0.0f,0.0f,0.0f); [line 82,berfungsi
memilih warna yang akan digunakan membersihkan latar dalam mode RDBA]
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); [line 84,berfungsi
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [line 85,berfungsi membuat baris code menjadi
tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [line 86,berfungsi menentukan warna
garis/titik]
glColor3f(1,1,1); [line 87,berfungsi menentukan warna
garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [line 88,berfungsi menggambar garis dari
titik yang digunakan]
glColor3f(0.0f,0.0f,1.0f);
glVertex3f(-0.6,0.0f,0.0f); [line 90,berfungsi menentukan
titik awal yang digunakan]
glColor3f(0.0f,0.0f,1.0f); [line 91,berfungsi menentukan
titik yang digunakan]
glVertex3f(0.6f,0.0f,0.0f); [line 92,berfungsi menentukan
titik akhir yang digunakan]
glEnd(); [line 93,berfungsi mengakhiri gambar garis dititik
akhir]
glPopMatrix(); [line 94,berfungsi membuat baris kode menjadi
tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffer(Hdc); [line 95,berfungsi menukar bagian latar
belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep(1);
OUTPUT
Output diatas adalah hasil gambar dari koding program
membuat garis horizontal, mengcompile program tersebut dengan menekan tombol
F9,jika program benar maka akan muncul gambar seperti diatas.
MEMBUAT GARIS DIAGONAL
Koding Garis Diagonal
Apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code
dibawah ini:
glClearColor(0.0f,0.0f,0.0f,0.0f); [line 82,berfungsi
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA]
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); [line 83,berfungsi membersihkan
layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [line 84,berfungsi membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk begian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [line 85,berfungsi menentukan warna
garis/titik]
glColor3f(1,1,1); [line 86,berfungsi menentukan warna
garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [line 87,berfungsi menggambar garis dari
titik yang digunakan]
glVertex3f(0,0,-0.8); [line 88,berfungsi menentukan titik
awal yang digunakan]
glVertex3f[9.9,8.9,0.1); [line 89,berfungsi menentukan titik
akhir yang digunakan]
glEnd(); [line 90,berfungsi mengakhiri gambar garis dititik
akhir]
glPopMatrix(); [line 91,berfungsi membuat baris kode menjadi
tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffer(Hdc); [line 92,berfungsi menukar bagian belakang buffer
menjadi buffer layar]
Sleep(1);
OUTPUT
Selesai menuliskan koding program membuat garis
diagonal,jalankan file dengan mengcompile menekan tombol F9,file akan decompile
akan meminta untuk disave,untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan
dengan menekan tombol yang sama F9.jika tidak terdapat error maka program
langsung berjalan dan menghasilkan output.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar