Senin, 15 Oktober 2012

GALAXY NOTE



Ada salah satu telepon pintar yang unik dipasar, paling tidak dari segi ukurannya, yaitu Samsung galaxy note. Ukuran nya tidak terlalu besar, dan juga tidak terlalu kecil. Dengan ukuran panjang, lebar, dan tebal 146,85 x 82,95 x 9,65 milimeter, Samsung galaxy note lebih besar dari pada Samsung galaxy  S II, tetapi lebih kecil dari pada Samsung galaxy tab II. Dan , dengan ukuran sebesar itu , Samsung Galaxy Note yang berbobot 178 gram tetap dapat disimpan disaku baju.

            Samsung memadukan telepon pintar dengan sebuah tablet di dalam Galaxy Note. Sebuah tablet atau computer tablet adalah sebuah computer mobil (mobile computer), yang lebih besar dari pada sebuah telepon mobil (mobile phone) atau personal digital assistant (PDA), yang diintegrasikan pada sebuah layar datar sentuh (flat touch screen) dan di operasikan terutama dengan menggunakan keyboard virtual  dilayar ketimbang keyboard sungguhan. Tablet juga di operasikan dengan menggunakan pena stylus atau pena digital.
           
Samsung Galaxy Note  menggunakan layar sentuh HD super AMOLED berukuran 5,29 inci dengan resolusi 1280 x 800 piksel. Layar AMOLED terlihat jelas dan jernih dalam menampilkan warna. Dengan layar yang ukurannya lebih besar dari pada Galaxy  S II (4,3 inci) dan IPhone 4 S (3,5 inci), terasa cukup nyaman ketika digunakan untuk memutar video HD, berselancar (browsing) ,dan membaca buku elektronik (ebook).

            Namun memang , saat dibawa –bawa ke mana-mana,Galaxy Note tidak sepraktis Galaxy S II dan IPhone 4 S yang ukuran nya lebih kecil. Menggenggam Galaxy Note juga terasa kurang nyaman.

            Dengan prosesor dual core  ARM cortex A-91,4 HHz, kecepatan proses  dan performa Galaxy Note cukup mengagumkan . hanya saja harus diakui bahwa baterai  Li-ion 2.500 mAh tenaganya tidak maksimal.
           
Salah satu fitur yang menjadi andalan Galaxy Note adalah S memo. Fitur S Memo memungkinkan membuat notulan rapat atau membuat catatan dengan tulisan tangan yang menggunakan pena stylus, yang diberi nama S pen. Selain dapat mengonversi tulisan tangan menjadi karakter digital dengan cukup akurat .

S memo juga dapat menyimpan  tulisan tangan dilayar sebagaimana adanya. Fitur ini menjadi sangat penting apabila diharuskan mencatat pernyataan peserta rapat yang cara berbicaranya sangat cepat . catatan tulisan  tangan itu dapat disimpan , dan dibuka kembali jika di perlukan.

Apabila ada waktu luang, catatan tulisan tangan dibuka kembali dan tulisan tangan itu  disalin dengan huruf  ketikan diatasnya, dengan menggunakan keyboard virtual dilayar yang sama . setelah tulisan tangan itu ditindih dengan huruf ketikan, tulisan tangan itu dapat dihapus, dan yang tertinggal dilayar hanya tulisan ketikan. Pada saat ini , kemampuan tersebut merupakan keunikan dari Galaxy Note.

S-Pen pada S memo dapat digunakan untuk membuat sketsa yang realistis dan karya seni yang akurat . pendeknya, fitur S memo membuat penggunaanya dalam mengabadikan segala bentuk ide-idenya secara langsung dan bebas dimana saja ia berada.

TERGANTUNG “ PROVIDER” 

          Untuk hubungan internet, Galaxy Note Dilengkapi dengan GPRS,EDGE,HSDPA.HSUPA, dan Wifi. Walaupun kecepatan proses lumayan tinggi, kecepatan untuk mengunduh (download) dan mengunggah (upload) sangat relative karena kecepatannya sangat tergantung kepada provider yang digunakan, dan kondisi jaringan di mana hubungan internet itu dilakukan

            Galaxy Note dilengkapi dengan kamera 8 MP dan kamera depan 2 MP. Galaxy Note dilengkapi dengan kemampuan untuk membuat photo panorama. Kemampuan itu sangat diperlukan apabila ingin mengabadikan pemandangan alam yang indah,baik di pegunungan maupun di pantai. Merekam dan memutar video berlangsung dengan resolusi 1080 piksel full HD.

            Ada kritik yang menyebutkan bahwa hasil photo Galaxy Note kurang tajam apabila dibandingkan dengan telepon pintar lainnya, yang layar monitor nya lebih kecil. Wajar saja hal itu terjadi karena semakin besar layar monitor, ketajaman gambar pun akan berkurang.

            Hasil photo dan video pada Galaxy Note dapat di edit dengan aplikasi “Photo Editor”. Hasil editan dapat dihias dengan gambar tangan atau teks dengan menggunakan S-Pen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar