Senin, 10 Oktober 2011

organisasi dan manajemen


Pengertian organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Seperti telah diuraikan sebelumnya tentang Manajemen, Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.atau juga Struktur organisasi adalah suatu  susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.
Organisasi menurut para sumber:
1. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut Cheslter I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
Sedangkan organisasi yang biasa kita lihat dalam lingkungan sehari-hari sangat banyak atau juga seperti dilingkungan sekolah atau lingkungan perkulihan. Biasanya terdapat macam kegiatan organisasi yang bisa kita temui. Kegiatan  organisasi itu sendiri akan membuat mahasiwa menjadi aktif sehingga keberadaan lingkungan mahasiswa dikampus memudahkan untuk mempunyai conection dengan mahasiswa/mahasiswi lain sehingga anda lebih  mempunyai banyak teman dari berbagai jurusan dalam satu kampus karena akan menimbulkan pengaruh positif dari organisasi iu sendiri.
Biasanya dari kegiatan organisasi sudah diakui keberadaan nya dikampus,maka jangan diragukan apabila anda tertarik ingin bergabung. Hanya saja kembali lagi dari dalam hati seseorang. Untuk bisa menjadi anggota dalam organisasi ini biasanya  mahasiswa harus sepakat dengan perjanjian yang sudah ditetapkan dari para pengurus organisasi itu sendiri.karena ini semua demi kelancaran dan kerja sama dengan yang lainnya. Untuk menjadi anggota organisasi harus mempunyai rasa tanggung jawab saat diberi posisi yang sudah diberikan sehingga tidak ada lagi teguran yang akan diberikan apabila anggota melanggarnya, Dan kedewasaan  juga akan menciptakan suatu hal itu sendiri, dengan berpikir dewasa maka kita akan mudah berkomunikasi dengan anggota organisasi lain nya. Terutama yang harus diperhatikan dalam suatu organisasi harus lebih mengutamakan cara berpikir dan berbicara dengan baik dan sopan demi untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.



Pengertian manajemen
Manajemen adalah proses peencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pegendalian enggunaan sumebr daya manusia secara efektif dan efisien untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan
Di bawah ini adalah definisi dari kata manajemen :
1. Pengertian Manajemen Menurut James A.F. Stoner
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
2. Pengertian Manajemen Menurut Mary Parker Follet
Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.

fungsi
1. Tingkat manajemen
a. Manajemen Puncak (Top Manajemen)
Manajemen puncak merupakan jenjang yang paling tinggi atau pucuk pimpinan yang bertugas untuk memutuskan hal-hal penting sifatnya bagi kelangsungan hidup perusahaan.
b. Manajemen Menengah (Middle Manajemen)
Manajemen menengah biasanya tediri atas kepala-kepala divisi yang bertugas mengembangkan rencana-rencana operasi dan melaksanakan keputusan yang telah ditetapkan oleh manajemen puncak dan bertanggung jawab kepada manejemn puncak.
c. Manajemen Pelaksana (Low Manajemen/Supervisory Manajemen)
Manajemen yang paling bawah yang bertugas menjalankan rencana-rencana dan keputusan yang telah diambil oleh manajemn menengah.


2. Fungsi Manajemen
Ada beberapa pendapat mengenai fungsi manajemen antara lain :
a. George R. Terry membagi fungsi manajemen menjadi planning, organizing, actuating, dan controlling.
b. Henry fayol membagi fungsi manajemen terdiri atas planning, organizing, commanding, coordinating dan controlling.
c.luther gulick membagi funsu (perencanaan) orgainizing(pengorganisasian) staffing(penyusunan pegawai)directing(pengarahan) coordinating(pengkoordinasian)reporting(pembuatan laporan) budgeting (penganggaran)
Planning (Perencanaan)
Perencanaan merupakan dasar dari semua fungsi manajemen yang paling mutlak. Perencanaan adalah pedoman dan penuntun arah kegiatan yang dibuat pada saat sekarang dan dilaksnakan pada masa datang. Perncanaan dibuat sebagai pedoman baku untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Organizing (Pengorganisasian)
Pengorganisasian adalah sekelompok orang yang bekerja sama dengan menetapkan tugas, fungsi, wewenang dan tanggung jawab masing-masing untuk menccapai tujuan.
Actuating (Pelaksanaan)
Pelaksanaan adalah suatu bentuk usaha untuk menggerakkan orang agar bekerja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Fungsi manajemen yang satu ini akan berjalan baik bila pegawai diberi motivasi untuk meningkatkan prestasinya.
Controlling (Pengawasan)
Pengawasan merupakan fungsi manajemen yang penting sebagai sarana menemukan umpan balik atas rencana yang telah dilaksanakan. Pengawasan dilakukan untuk mengukur hasil kerja, membandingkan hasil kerja yang telah dicapai dengan standar yang telah ditetapkan dan melakukan koreksi atas hasil kerja yang telah dicapai.
Fungsi Manajemen Menurut Ernest Dale - pembagian fungsi manajemen menurut beberapa ahli manajemen di antaranya yaitu 1 dalton e m c farlandanalisa dan tanggapan akuntansi islam makalah judul asimetri informasi dan manajemen laba suatpengertian manajemen pendidikan menurut para ahli pdf pdfqueen pdf search engine free unlimited pdf teori teori manajemen teori theory sekelompok asumsi yang erat berkaitan dan logis dikemukakan untuk Fungsi Manajemen Menurut Ernest Dale


GAMBAR STRUKTUR ORGANISASI




Tidak ada komentar:

Posting Komentar