Minggu, 28 Oktober 2012

Membuat Garis Vertikal,Horizontal,Dan Diagonal Menggunakan Program OpenGL Dengan Compiler DevC++



dalam perkuliahan semester ini saya mendapatkan mata kuliah Grafik Komputer & Pengolahan Citra. mata kuliah ini mengajarkan hal-hal yang bersangkutan grafis pada komputer,dan ini adalah salah satu tugas   pada mata kuliah Grafik Komputer & Pengolahan Citra.  membuat Program sederhana dengan menggunakan OpenGL, disini saya mencoba untuk membuat program OpenGL dengan compiler Dev C++.

Pertama yang harus yang dilakukan adalah mempunyai perlengkapan yang digunakan :
1.  Dev C++ (pastikan komputer anda sudah menginstal aplikasi ini)
2.  Header glut (header yang digunakan OpenGL)

  OpenGL
       OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan –keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu :

1. Glut.h
2. Glut32.lib
3. Glut32.dll

Cara menginstall (Dev C++ , OpenGL)

menginstal header OpenGL berikut adalah langkahnya :

1.  Masuk kedalam DevC++
2.  Klik Menu tools > pilih Package manager seperti gambar dibawah ini:
 
3.  klik install seperti gambar dibawah:
 

4.  ganti Files of Type menjadi (generic packages)ada file berekstensi (.rar atau .zip) terbaca
5.  klik open lalu ikuti langkah-langkah nya sampai selesai menginstal.

Lalu setelah selesai menginstal DevC++ dan header OpenGL,selanjutnya kita mencoba untuk langsung membuat tugas program sederhana,cara membuat file baru adalah:

1.  klik menu File > pilih New > Project
2  .pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL, beri nama Project.

Setelah membuat project selanjutnya membuat program sederhana meliputi program membuat garis vertikal,horizontal,dan diagonal.

MEMBUAT GARIS VERTIKAL

Untuk membuat garis vertikal,lihat pada project.selesai membuat project pasti yang muncul bukan lembar kerja kosong  pada umumnya.tetapi lembar kerja yang sudah terisi source code untuk OpenGL. Yang harus dilakukan adalah mencari bagian bertuliskan /*OpenGL animation code  goes here*/. Untuk mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL cukup mengubah-ubah pada bagian ini saja.

Koding Garis Vertikal
 
Untuk menuliskan garis vertikal,tuliskan koding seperti gambar diatas.
Atau apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code beserta fungsi kegunaan nya dibawah ini:
/*untuk membuat garis vertikal*/
glClearColor(0.0f,0.0f,0.0f,0.0f); [berfungsi memilih warna yang digunakan,membersihkan latar dalam  mode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [berfungsi membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [berfungsi baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [berfungsi menentukan warna garis /titik)
glColor3f(1,1,1); [berfungsi menentukan warna garis/titik)
glBegin(GL_LINES); [berfungsi menggambarkan garis dari titik yang digunakan]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [berfungsi menentukan titik awal yang digunakan]
glVertex3f(0,0,0.0); [berfungsi menentukan titik akhir yang digunakan]
glEnd(); [berfungsi mengakhiri gambar garis dititik akhir]
glPopMatrix(); [berfungsi membuat garis kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers(Hdc); [berfungsi menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep(1);
  

OUTPUT
 

Output diatas adalah hasil gambar dari koding program membuat garis vertikal,untuk mengcompile program tersebut dengan menekan tombol F9,jika program benar maka akan muncul gambar seperti diatas.



MEMBUAT GARIS HORIZONTAL

Koding Garis Horizontal
 

Membuat garis horizontal,pertama membuat koding pada lembar kerja OpenGL,tetapi sebelumnya lembar kerja tersebut sudah diisi dengan source code untuk lembar kerja OpenGL,menuliskan koding pada bagian /*OpenGL animation code here*/

Apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code beserta fungsi kegunaan nya dibawah ini:

glClearColor(0.0f,0.0f,0.0f,0.0f); [line 82,berfungsi memilih warna yang akan digunakan membersihkan latar dalam mode RDBA]
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); [line 84,berfungsi membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [line 85,berfungsi membuat baris code menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [line 86,berfungsi menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); [line 87,berfungsi menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [line 88,berfungsi menggambar garis dari titik yang digunakan]
glColor3f(0.0f,0.0f,1.0f);
glVertex3f(-0.6,0.0f,0.0f); [line 90,berfungsi menentukan titik awal yang digunakan]
glColor3f(0.0f,0.0f,1.0f); [line 91,berfungsi menentukan titik yang digunakan]
glVertex3f(0.6f,0.0f,0.0f); [line 92,berfungsi menentukan titik akhir yang digunakan]
glEnd(); [line 93,berfungsi mengakhiri gambar garis dititik akhir]
glPopMatrix(); [line 94,berfungsi membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffer(Hdc); [line 95,berfungsi menukar bagian latar belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep(1);

OUTPUT
 

Output diatas adalah hasil gambar dari koding program membuat garis horizontal, mengcompile program tersebut dengan menekan tombol F9,jika program benar maka akan muncul gambar seperti diatas.
                     
 

MEMBUAT GARIS DIAGONAL


Koding Garis Diagonal
 

Apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini:

glClearColor(0.0f,0.0f,0.0f,0.0f); [line 82,berfungsi memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA]
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); [line 83,berfungsi membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [line 84,berfungsi membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk begian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [line 85,berfungsi menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); [line 86,berfungsi menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [line 87,berfungsi menggambar garis dari titik yang digunakan]
glVertex3f(0,0,-0.8); [line 88,berfungsi menentukan titik awal yang digunakan]
glVertex3f[9.9,8.9,0.1); [line 89,berfungsi menentukan titik akhir yang digunakan]
glEnd(); [line 90,berfungsi mengakhiri gambar garis dititik akhir]
glPopMatrix(); [line 91,berfungsi membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffer(Hdc); [line 92,berfungsi menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep(1);

OUTPUT
 

Selesai menuliskan koding program membuat garis diagonal,jalankan file dengan mengcompile menekan tombol F9,file akan decompile akan meminta untuk disave,untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9.jika tidak terdapat error maka program langsung berjalan dan menghasilkan output.